Senin, 17 September 2012

Cara Menahan Lapar Yang Efektif Dan Sehat


Hari ini saya ingin posting tentang "CARA MENAHAN LAPAR". Ada beberapa alasan kenapa kita banyak melakukan hal ini, yaitu karena ingin badan terlihat lebih kurus (diet), karena malas mau beli makanan/memasak makanan,atau bisa juga karena keadaan ekonomi (kagak punya duit),hehehe. Yapp.langsung saja,ini dia cara-caranya:




1. Menggosok Gigi

Suatu ketika saya pernah mengalami rasa lapar ketika saya di kost-kost'an (Purwosari), saya berencana untuk mandi dahulu,kemudian keluar untuk mencari makan. Setelah mandi dan tentunya menggosok gigi, ehhh...ternyata rasa lapar saya hilang, saya merasa mulut saya fresh,dan tidak jadi makan (karena sudah tidak lapar), barulah setelah kurang lebih 2 jam, lapar itu terasa lagi.
Cara ini bisa digunakan untuk menahan lapar dengan tenggang waktu yang tidak terlalu lama, yah sekitar 1-2 jam.

2. Minum Air Putih

Ini juga berdasarkan pengalaman saya di tempat kost-kost'an saya. Waktu itu kami berempat (Saya, Yordhan,Fijar dan Rijal) malam-malam merasa lapar yang amat sangat. Setelah melihat isi dompet,merogoh-rogoh kantung celana,ternyata hasilnya nihil. Saya melihat air putih di dalam galon masih lumayan banyak. Saya berinisiatif untuk bermain kartu dengan teman-teman,dan yang kalah harus meminum air putih sebanyak satu gelas. Alhasil,setelah bermain kartu beberapa saat, saya kalah terus,sehingga harus minum banyak air putih. Tapi hal itu justru memberikan dampak kenyang (bahkan sangat kenyang) akhirnya setelah kira-kira 2 jam kami bermain,kami bisa tidur dengan nyenyak sampai pagi tanpa merasakan lapar.
nb: terlalu banyak meminum dalam waktu yang relatif singkat,dapat menyebabkan efek negatif,yaitu mual-mual, sering kencing, bahkan mencret-mencret. Jadi minum sewajarnya saja. :D

3. Mengalihkan Perhatian Anda

Saat anda merasa sangat lapar,anda bisa menggunakan cara ini sebagai alternatif. Cari kegiatan-kegiatan lain (tentunya yang positif) dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Misalnya: membaca buku,menonton tv, bermain dengan teman,bermain musik,atau apa saja yang membuat anda senang dan rekax. Jika anda bisa menciptakan satu rutinitas baru tanpa melibatkan makanan, ini sudah merupakan suatu langkah tepat untuk menahan rasa lapar anda.

4. Makan makanan yang cepat mengenyangkan

Pandai-pandailah memilih makanan yang akan anda makan. Makanan yang berlemak mungkin memang cepat membuat anda kenyang,namun makanan berlemak relatif singkat waktunya dalam hal mengenyangkan. Jadi harus ada persediaan lagi dan lagi. Ada beberapa makanan yang bisa membuat anda cepat kenyang,dan mengganjal perut anda sampai beberapa waktu. Beberapa makanan yang mengenyangkan yaitu: popcorn, selai kacang, kentang, pasta coklat, kacang hijau matang, anggur dan jeruk.


Sekian dulu info dari saya,semoga bermanfaat bagi anda semua.

1 komentar:

NONTON FILM ONLINE mengatakan...

trimakasih sudah berbagi info mas sangat bermanfaat meanrik buat di baca,,