Senin, 07 November 2011

Cara mengatasi Overheat (Panas Berlebih) pada PC/Laptop



Panas berlebih atau overheat pada PC atau pada laptop akan sangat menggangu aktifitas pekerjaan, karena panas berlebih itu akan membuat PC atau laptop kita menjadi mudah hang atau bahkan mati mendadak.
Saya berikan sedikit informasi bagaimana mengasi panas berlebih pada PC atau laptop.:
Penyebab terjadi overheat adalah pada sistem pendinginan yang bermasalah.Permasalahan pendinginan meliputi fan heatsink atau kisi-kisi pendingin yang bermasalah, berikut rincian yang dapat kita lakukan jika mengalami overheat pada PC atau pada laptop kita:



-Overheat pada PC dan laptop banyak terjadi karena karena sistem pendingin kotor, dikarenakan debu ataupun karena benda-benda yang masuk tersedot kedalam sistem pendinginan.
Pada PC seringkali bermasalah pada fan pendingin dan heatsink, karena kotor fan mengalami penurunan putaran yang menyebabkan tidak optimalnya putaran fan pendingin dan heatsink kotor akan menghambat sirkulasi udara dari fan ke heatsink. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan pembersihan pada fan dan heatsink dan jika perlu diganti sebaiknya ganti fan agar tidak merusak processor.

-Pada laptop seringkali permasalahan terjadi pada kisi-kisi pendinginan.Hal ini banyak dikarenakan banyak benda-benda aneh yang terkadang masuk kedalam sistem pendingin, debu, serabut karpet,dll.
Untuk mengatasinya sebaiknya lakukan pembongkaran pada laptop dan bersihkan bagian dalamnaya agar tidak merusak bagian-bagian lain seperti processor atau chip vga, yang rentan rusak ketika terjadi overheat.

Saya sendiri yang memakai laptop Lenovo G450 sering sekali mengalami overheat ketika laptop bekerja dengan keras sehingga suhu menjadi sangat panas,dan akhirnya laptop mati mendadak.Solusi praktisnya,saya memakai Fan tambahan di bawah laptop saya yang bisa membantu menurunkan suhu laptop yang panas.
Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar: